Sabtu, 05 Februari 2011

Perkembangan Toko Onine di Indonesia.

Perkembangan Toko Online di Indonesia sangat pesat. Jika dibandingkan perkembangan toko online pada tahun 2000 an, dimana pada sekitar tahun 2000 s/d 2003 toko online di Indonesia masih di kelola oleh sebuah lembaga bisnis seperti PT atau CV. Hal tersebut dikarenaka pada masa tersebut untuk membangun toko online tidak murah. Seperti jasa registrasi domain lokal yang masih susah ditemui, dan masih mahalnya hosting untuk membangun sebuah toko online.

Pada masa sekarang membangun toko online sangatlah mudah, sehingga untuk membuat toko online tidak perlu mendirikan perusahaan dan tidak perlu juga membutuhkan investasi yang besar.

Beberapa faktor untuk kemudahan yang mendorong perkembangan toko online :
1. Banyak Jasa Registrasi Domain Lokal.
Saat sekarang sudah banyak sekali jasa-jasa registrasi domain lokal di Indonesia. Hal ini sangat membantu bagi para personal atau individu yang menginginkan membangun toko online. Dengan banyaknya perusahaan-perusahaan untuk registrasi domain maka di antara merekapun melakukan perang harga, sehingga untuk mendapatkan sebuah domainpun cukup mengeluarkan Rp. 88.000,- ada pula yang menawarkan lebih murah. Bahkan ada yang gratis!!!

2. Jasa Hosting Murah.
Selain Registrasi Domain yang mudah dan murah, Jasa Hostingpun relatif murah. Paket-paket yang ditawarkan sangat lah beragam, ada yang Rp. 1.000/bulan sampai yang gratispun ada. Tentunya dengan fasilitas-fasilitas yang berbeda.

3. Perkembangan CMS
Saat sekarang perkembangan CMS Content Management System saat sekarang banyak sekali. Dengan demikian untuk membangun sebuah website, dalam hal ini toko online tidak perlu harus bisa programing dengan  script yang rumit. Hanya install dan sedikit sentuhan setting maka sudah jadi sebuat toko online.

4. Perkembangan Perbankan. 
Dengan adanya produk-produk layanan perbankan yang semakin canggih seperti e-banking maupun m-banking maka sangat membantu bagi toko online. Proses pembayaran untuk sebuah transaksi sangat mudah dan cepat.

5. Support Layanan Pengiriman Barang. 
Masa sekarang inovasi di segala bidang memang sangat canggih termasuk dalam bidang jasa pengiriman barang. Banyak jasa pengiriman barang yang dilengkapi dengan kontrol alur dari sebuah barang dikirim. Dengan Nomor AWB maka seorang pelanggan bisa melihat barang yang ia kirim sudah sampai mana.

Demikian artikel ini, semoga berguna bagi para pembaca.

Terimakasih


Wassalam...  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar